Joglo Cianjur Tergusur

15 04 2007

riva-cianjur.jpgPEMBANGUNAN taman kota yang merupakan bagian dari strategi penataan lingkungan sangat diperlukan setiap daerah. Dalam rencana tata ruang wilayah (RTRW), taman kota merupakan lahan hijau yang menjadi paru-paru kota. Dengan terciptanya taman kota diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang lebih tertata dengan rapi dan segar. Pada akhirnya, dapat mewujudkan masyarakat yang lebih sehat.

Seperti diungkapkan Bupati Cianjur, Drs. H. Tjetjep Muchtar Soleh, M.M., saat ini di Cianjur belum terdapat taman kota dan kawasan hijau yang bisa dijadikan sebagai paru-parunya Kota Cianjur. Pemerintah Kab. Cianjur, kata Tjetjep, akan mengupayakan membangun taman kota yang dapat dijadikan sebagai paru-paru kota sekaligus menjadi tempat aktivitas masyarakat.

“Kita mengupayakan agar di seputar kota terdapat taman yang bisa menjadikan Cianjur lebih nyaman, aman, indah, dan bersih. Dengan akan dibangunnya taman kota ini, diharapkan mampu menjadi paru-paru kota yang selama ini belum dimiliki Cianjur. Kita upayakan di seputar taman kota akan ditanami pohon-pohon, ” kata Tjetjep.

Menurut Tjetjep, eks Subterminal Joglo merupakan lokasi yang strategis untuk dialihfungsikan menjadi taman kota. Pasalnya, lalu lintas di sekitar lokasi tersebut sudah sangat semrawut. Rencana pembangunan taman kota itu, menurut bupati, sudah memasuki tahap pembahasan dan menyosialisasikan kepada para pemilik bangunan dan pedagang yang sekarang masih mengisi kios-kios di sekitar eks Subterminal Joglo.

“Beberapa waktu lalu, kita telah mengadakan rapat koordinasi dengan berbagai instansi terkait membahas rencana pembangunan taman kota ini. Sudah sejak awal, kita telah menyosialiasikan rencana pembangunan tersebut. Secara bertahap akan terus kita jalankan. Mudah-mudahan pada tahun 2007 ini, tahap pembangunan tersebut sudah mulai dilaksanakan,” papar Tjetjep.

Pengalihfungsian lokasi eks subterminal itu, menurut Tjetjep karena lokasi terminal saat ini telah dipindahkan dan tersentralisasi di terminal baru di Pasir Hayam.

Setidaknya, keberadaan taman kota itu, bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Cianjur dalam bidang kepariwisataan dan lebih menghijaukan lagi Kabupaten Cianjur.

“Saat ini Pemkab tengah gencar-gencarnya menghijaukan kembali Kab. Cianjur seperti yang pernah digalakkan pada tahun 1970-an. Kita menginginkan agar Cianjur bisa seperti dulu lagi, yang terkenal dengan suasananya yang adem dan sejuk,” harap Tjetjep.

Ditandaskan Tjetjep, ke depan, pembangunan taman kota dan kawasan hijau tidak hanya dibangun di eks Subterminal Joglo. Namun, kata dia, eks Terminal Muka yang saat ini terbengkalai pun, juga akan menjadi pembahasan Pemkab untuk dijadikan sebagai taman kota dan kawasan hijau.

Hal senada diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kab. Cianjur, Drs. H. Maskana Sumitra, M.M. Menurut Maskana, saat ini masyarakat Cianjur membutuhkan sarana dan prasarana yang partisipatif dan representatif seperti di kota-kota lain pada umumnya.

“Salah satunya dengan membangun taman kota dan kawasan hijau. Nantinya taman kota tersebut selain berfungsi sebagai paru-paru kota, juga menjadi sarana bermain dan beristirahat bagi masyarakat umum,” terang Maskana.

Pemerintah Kab. Cianjur, ungkap Maskana, telah menyediakan lahan untuk membangun taman kota dan kawasan hijau tersebut. Lahan seluas kurang lebih satu hektare yang berada di Jalan Siliwangi tersebut, akan diplot menjadi taman kota dan kawasan hijau, sesuai dengan rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kab. Cianjur.

“Perencanaan penataan kawasan tersebut masih terus dibahas. Secara bertahap kita terus melakukan sosialisasi kepada para pedagang dan pemilik bangunan kios-kios. Gambaran kasar master plan-nya sudah ada,” kata Maskana.

Menurut Maskana, dalam rencana tata ruang wilayah (RTRW), Kab. Cianjur nantinya akan diupayakan menjadi daerah tujuan wisata. Makanya, kata Maskana, perlu adanya sinkronisasi antara stakeholder dengan para pengusaha. (PK-4)*** http://www.pikiran-rakyat.com


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: