Guru Dituntut Kreatif dalam Berkomunikasi

12 06 2007

gurusekolah.jpgDosen Pasca Sarjana Manajemen FE UI Dr M Gunawan Alif

Pelatihan guru itu sangat perlu dan seharusnya dilakukan. Guru harus men-charge diri sehingga pengetahuannya selalu terkini. Ya… pengetahuan guru seperti cara bergaul, memahami perubahan budaya anak-anak hingga terus berkembangnya dunia iptek yang ada.

Dari pengalaman pribadi, guru banyak membentuk saya. Contohnya, saya memahami bahasa Inggris karena salah satu guru bahasa Inggris di SMP (Lintau Batu Sangkar) selalu mendorong saya untuk belajar bahasa dengan cara membaca. Bila kita mempunyai banyak guru seperti itu alangkah bahagianya para murid.

Namun setelah saya menjadi ayah dan berhadapan dengan guru-guru mereka, saya berpendapat bahwa guru itu penting untuk meningkatkan kemampuan mereka. Karena tantangan guru sekarang jauh lebih berat dibandingkan ketika mengajar saya. Sekarang mainan anak banyak sekali seperti video game, televisi, internet, dan sebagainya. Sehingga betul-betul sangat berat bagi guru untuk menarik perhatian anak.

Kalau guru tidak cukup kreatif, akan berat sekali tantangannya. Bisa jadi anak tidak mau belajar. Karena itu guru dituntut terus membuka wawasan dan pengetahuannya dalam berkomunikasi dengan anak-anak yang sudah berubah. Anak-anak sekarang lahir dari orangtua yang berbeda dengan saya waktu masih anak-anak. Karena kebanyakan kedua bapak ibunya sibuk, sehingga semakin berat tantangannya bagi guru.

Jadi, apa yang dilakukan Republika-Telkom ini saya rasa dapat memberikan pengetahuan kepada para guru lebih baik, mengenal sisi-sisi lain dalam berkomunikasi dengan muridnya. Baguslah kalau Republika-Telkom melakukan hal ini. nnri


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: